4D3N
Duration
Bagan Siapi-api, Riau
Location
28 Juni – 1 Juli 2018
Dates

tour Upacara bakar tongkang

Tour Upacara Bakar Tongkang

Perayaan pembakaran kapal tongkang telah merupakan atraksi wisata unggulan di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Bagan Siapi-api, Riau, ini merupakan ritual keturunan Tionghoa Hokkian setempat yang sudah berlangsung lebih dari seratus tahun disana. Setelah mengalami hiatus sekitar 30 tahunan semasa Orde Baru, sejak tahun 2000 mulai diselenggarakan lagi sehingga tambah membara setiap tahunnya.

Konon hampir 2 abad lalu ada sekelompok Tang-lang (Tionghoa keturunan Hokkian) yang mendarat diwilayah yang sekarang Kota Bagan Siapi-api. Ceritanya mereka semula adalah perantau yang berlayar dari Hokkian ke Laut Selatan untuk mencari hidup yang lebih layak di Nanyang, dan telah tiba di Songkhia, Thailand ditahun 1825, tetapi kemudian terpaksa melarikan diri untuk menghindari musibah yang sedang melanda disana. Kaum pengungsi tersebut menggunakan 3 tongkang, yaitu perahu yang dasarnya rata untuk mengangkut pasir atau hasil tambang yang biasa dipergunakan dipertambangan di Malaysia dan sekitarnya, 2 tongkang diantaranya tenggelam dilanda badai, tetapi satu tongkang terachir berhasil menemukan daratan dan berlandas dengan selamat disuatu pantai yang penuh kunang-kunang dimalam hari. Kelompok warga yang aman mendarat itu terdiri dari 18 lelaki dan wanita dari Marga Ang asal Kabupaten Tong-an didaerah Xiamen. Mereka mulai menggarap tanah tersebut untuk menetap disana, dan mereka temukan juga diperairan sana pun kaya dengan sari laut, karenanya patut mereka juga meneruskan pecarian hidup mereka sebagai nelayan.

Mengingat ada dua arca dewa-dewa Tuan Raja (Ong Ya) yang menyertai dalam perantauan mereka, Tai Sun Ong Ya dan Kie Ong Ya, yang dianggap telah menyelamatkan mereka itu, maka didirikan klenteng Taoisme Ing Hok Kiong demi tetap mendapatkan perlingdungan keselamatan dan kemakmuran warga mereka disepanjang masa, sehingga mereka telah menemukan penghidupan baru yang bahagia disana. Kuala Sungai Rokan yang penuh kunang-kunang dimalam hari yang ditemukan pada tanggal 16 bulan 5 Imlik ditahun 1826 Masehi tersebut, kemudian menjadi Kota Bagan Siapi-api.

Dengan ketekadan untuk menetap ditanah-air baru ini, mereka tidak lagi akan meninggalkannya maupun kembali ke Tiongkok, maka dibakarlah tongkang semula yang pernah mengangkut mereka itu.

Begitulah hikayat pembakaran tongkang oleh pendatang Tanglang dipedusunan nelayan Rokan Hilir waktu dulu itu. Sekarang bisa timbul 3 pertanyaan yang bersangkutan dengan ritual Bakar Tongkang yang dirayakan di Bagan Siapi-api jaman ini.

Foto oleh Amriyadi Bahar

 

1

Hari 1: 28 Juni 2018 (B/L/D)

Semua peserta berangkat dari Jakarta menuju Pekanbaru menggunakan pesawat Citilink QG 936, 05:25-07:20
Setelah tiba di Pekanbaru kita sarapan pagi. Kemudian berangkat menuju Bagan Siapi-api dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan menggunakan mobil dan makan siang
Kemudian kita motret pembuat kapal kayu di Bagan Siapi-api
Makan malam dan check in hotel
2

Hari 2: 29 Juni 2018 (B/L/D)

Hari ini adalah hari persiapan acara pembakaran pada event Bakar Tongkang. Peserta bisa mengabadikan moment serta objek di sekitar kota Bagan Siapi-api seperti Kelenteng In Hok Kiong, Batu Perjanjian Setan, Rumah Kapitan, Rumah-rumah serta bangunan tua di sepanjang jalan Perdagangan serta pelabuhan tua.
3

Hari 3: 30 Juni 2018(B/L/D)

Sarapan di hotel, kemudian bersiap menuju alun-alun kota menyaksikan ritual Bakar Tongkang. Acara dimulai dengan arak-arakan warga menuju lapangan upacara dan diakhiri dengan upacara Bakar Tongkang yang merefleksikan “arah” kehidupan pada tahun yang akan datang yang tergantung kemana arah jatuhnya “kapal tongkang” setelah dibakar.
4

Hari 4: 1 Juli 2018 (B/L)

Setelah sarapan pagi kita menuju Pekanbaru dengan waktu tempuh 6 jam perjalanan. Dan di antar ke bandara untuk menuju kembali ke jakarta menggunakan pesawat Citilink QG823 20:10 – 21:55
MINIMUM DEPARTURE8 Person
DEPARTURE TIMEBandara Jakarta (CGK) pukul 05.00 GMT+7
RETURN TIMEBandara Jakarta (CGK) pukul 22.00 GMT+7
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Tiket pesawat Jakarta-Pekanbaru-Jakarta
Transportasi darat
Biaya retribusi
Air mineral
Hotel AC selama tour (twin-share)
Makan sesuai program
Guide lokal
NOT INCLUDED
Tiket pesawat ke/dari Jakarta
Pengeluaran pribadi
Asuransi perjalanan
Tips Guide
Upacara bakar tongkang
Upacara bakar tongkang bagan siapiapi
Galangan Kapal Kayu Bagansiapi-api

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating