Paket tour nias

Paket Wisata Tari Perang Bawomataluo Nias

Pulau di Sumatera Utara bukan sekedar tenar dengan adat lompat batu. Satu lagi atraksi budaya yang perlu Anda saksikan disana yaitu tari perang. Tarian yang keren untuk diabadikan dalam kamera, dan ada nuansa mistisnya!

Desa Bawomataluo inilah yang populer juga sebagai desanya beberapa pelompat batu. Tetapi tidak cuma itu, di sinilah Anda dapat juga lihat Tari Fataele atau di kenal juga sebagai tari perang.

Tariannya dijalankan oleh banyak beberapa pria, baik tua atau muda. Mereka menggunakan pakaian tradisi berwarna hitam dan kuning, aksesori berbentuk penutup kepala, tanduk kerbau yang ditancapkan di hidung, serta dilengkapi persenjataan komplit, dari tombak, tameng dan pedang bernama pedang Tologu.

Beberapa pria yang lakukan tari perang, jumlahnya bisa mencapai puluhan. Mereka terdiri dari dua grup yang sama-sama bertemu. Lalu sama-sama mendekat seakan tengah bertarung, dengan maju-mundur selaras serta lari-lari kecil.

Tari perang, sesungguhnya menceritakan perihal kehidupan orang-orang Nias zaman dahulu yang sering berperang antar lokasi. Permasalahannya, tidak jauh-jauh dari masalah perebutan tempat.

Walau demikian, saat ini tak ada lagi perang antar lokasi di Nias. Peperangan yang umum mereka lakukan juga justru dikemas jadi satu tarian menjadi daya tarik wisata.

Bicara masalah senjata, senjata-senjata yang dipakai ternyata ada yang memiliki kandungan unsur mistis. Satu diantaranya yaitu pedang Tologu, yang dibagian sarung pedangnya ada bola rotan serta berisikan kemampuan gaib.

1

Hari 1 : Gunung Sitoli - Nias Selatan (B,L,D)

Setibanya di Bandara Binaka (Gunungsitoli), group akan disambut oleh perwakilan kami dan mengurus perjalanan anda menuju Gomo lokasi situs megalith tertua di Indonesia.
Gomo merupakan pusat kebudayaan megalith di Pulau Nias yang juga menurut mitos sebagai tempat turunnya manusia pertama di Nias yang diturunkan dari langit. Sebelum masuknya agama kristen di Pulau Nias, leluhur Nias dikenal sebagai pemuja patung dan roh (animisme dan dinamisme).
Di lokasi ini kita akan menyaksikan para perempuan Nias menari di atas altar dengan latar menhir dan batu megalith.
Menginap di Hotel Nias selatan
2

Hari 2: Nias Selatan - Gunung Sitoli (B,L,D)

Saat terbangung di pagi hari, peserta akan mengabadikan moment Sunrise di Batu Lobang (Lokasi batu yang bergeser setelah gempa bumi di Nias tahun 2010, awalnya 200 meter dari pinggir jalan dan setelah gempa tinggal berjarak 20 meter).
Motret Tarian Perang kolosal sebanyak 50-100 orang, Lompat batu, Alat musik batu (feta batu), Lompat batu anak-anak kecil
Desa tour di area Teluk dalam (motret kehidupan masyarakat Nias Selatan)
Motret sunset di Pantai Moale (jika waktu memungkinkan)
Kembali menuju Gunung Sitoli (3 Jam perjalanan)
Menginap di Gunung Sitoli
3

Hari 3: Gunung Sitoli - Nias Utara (B,L,D)

Pagi hari peserta Sunrise di Pantai Miga dengan konsep penari khas nias.
Desa tour area Gunung Sitoli (Desa tumori dan lainnya)
Menuju nias Utara, Motret Pantai Tureloto. sebuah pantai yang terangkat ketika gempa dahsyat melanda pulau Nias di tahun 2005 yang mengakibatkan naiknya terumbu karang ke permukaan laut.
Sunset di Pantai pasir Merah Afulu
Kembali menuju Gunung Sitoli (3 Jam perjalanan)
Menginap di Gunung Sitoli
4

Hari 4: Gunung Sitoli (B)

Sunrise di Pantai miga dengan konsep nelayan
Check out hotel dan diantar ke Bandara Binaka Gunung Sitoli Nias
MINIMUM DEPARTURE10 Person
DEPARTURE TIMEBandara Gunung Sitoli (GNS) 13.00 GMT+7
RETURN TIMEBandara Gunung Sitoli (GNS) 13.00 GMT+7
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Hotel AC
Transportasi darat dan laut
Biaya Tari Perang
Guide lokal
Makan selama tour
Biaya retribusi
Biaya pertunjukan musik
Air mineral
NOT INCLUDED
Tiket pesawat
Pengeluaran pribadi
Asuransi perjalanan
Tips guide

 

Lompat batu Nias
Pantai Afulu nias utara
Perang Bawomataluo Nias
Bawomataluo nias

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating