4D3N
Duration
Melak, Kalimantan Timur
Location
Please check schedule
Dates

Suku Dayak kenyah kalimantan

Suku Dayak Kenyah Kalimantan

Suku Dayak Kenyah Kalimantan adalah suku Dayak yang termasuk rumpun Kenyah-Kayan-Bahau yang berasal dari dataran tinggi Usun Apau, daerah Baram, Sarawak. Dari wilayah tersebut suku Kenyah memasuki Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur melalui sungai Iwan di Sarawak terpecah dua sebagian menuju daerah Apau Kayan yang sebelumnya ditempati suku Kayan dan sebagian yang lainnya menuju daerah Bahau. Pergerakan suku ini menuju ke hilir akhirnya sampai ke daerah Mahakam dan akhirnya sebagian menetap di Kampung Pampang Samarinda Utara, Samarinda. Sebagian lagi bergerak ke hilir menuju Tanjung Palas. Suku Kenyah merupakan 2,4% penduduk Kutai Barat.

Baca juga tentang Suku Dayak Iban Kalimantan

Suku Kenyah terbagi menjadi Kenyah Dataran Rendah dan Kenyah Dataran Tinggi /Usun Apau Kenyah. Seni budaya suku Kenyah sangat halus dan menarik, sehingga ragam seni hias banyak dipakai pada bangunan-bangunan di Kalimantan Timur.Bukan Sahaja terdiri daripada seni ukiran tetapi tarian dan juga cara hidup.

Pedalaman Sungai Mahakam di Kalimantan Timur menyimpan banyak potensi alam dan budaya yang sangat unik. Sebut saja tradisi memanjangkan daun telinga, patung-patung kematian Dayak Benuaq, tarian adat, habitat asli Anggrek Hitam, Air Terjun Jantur Inar, Rumah Panjang Dayak Benuaq hingga lanskap alam Sungai Mahakam nya. Siapa saja yang menyukai trip petualangan, pasti pengalaman jalan-jalan di Mahakam Ulu dan Kutai Barat tak akan terlupakan.

1

Hari 1: Balikpapan - Melak (L,D)

Peserta berkumpul di Bandara Sepinggan Balikpapan, pukul 8 pagi. Kemudian kita akan menuju ke Bandara Melak, Kutai Barat menggunakan pesawat jam 9 dari Bandara Sepinggan (Tiket pesawat tidak termasuk paket). Setelah tiba di Melak kemudian kita Explore di Rumah Panjang Lamin Adat, Pepas Eheng. Disana kita akan melihat tarian adat Dayak Benuaq dan seni kerajinan anyaman rotan. Kemudian kita lanjutkan menuju Air Terjun Jantur Inar (trekking selama 30 menit) disana kita akan memotret 1 gadis dayak dengan menggunakan pakaian adat Dayak dengan background Air terjun. Setelah selesai, kita kembali ke hotel di Melak (AC)
2

Hari 2: Melak - Suku Dayak Kenyah (B,L,D)

Setelah sarapan pagi dan check out hotel. Kita akan menuju ke Cagar Alam Kersik Luway. Disini terdapat habitat asli Anggrek Hitam, kita akan mencari Anggrek Hitam ini dan harap maklum jika tidak ketemu karena habitat ini memiliki musim tersendiri. Setelah itu, kita lanjutkan perjalanan ke Mahakam ulu, perjalanan sekitar 1 jam menggunakan speedboat. Dan disana kita bisa melihat aktivitas desa adat disana dan bertemu suku Dayak Kenyah yang bertelinga panjang. Kita akan menginap di Rumah Warga (non-ac)
3

Hari 3: Suku Dayak Kenyah - Melak (B,L,D)

Pagi hari kita memotret aktivitas di desa adat dan Motret bersama suku Dayak Kenyah bertelinga panjang dan tarian Dayak Kenyah. Setelah selesai kita akan jalan-jalan di sekitar desa, setelah selesai kita kembali menuju Melak. Menginap di hotel Melak (AC)
4

Hari 4: Melak - Balikpapan (B)

Setelah sarapan pagi, kita city tour kota Melak dan beli oleh-oleh. Kemudian diantar ke bandara Melak dan tour selesai
MINIMUM DEPARTURE6 Person
DEPARTURE TIMEBandara Balikpapan (BPN) 10.00 GMT+8
RETURN TIMEBandara Balikpapan (BPN) 13.00 GMT+8
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Hotel AC 2 malam di melak
Guide lokal
Sewa lokasi balai adat kenyah
Tarian Dayak Kenyah
Talent Nenek Dayak
Talent Gadis Dayak Benuaq di Air Terjun
Semua biaya retribusi
Penginapan non AC di pedalaman Suku Dayak
Sewa Speedboat
Transportasi darat
Makan selama tour
Tarian Dayak Benuaq
NOT INCLUDED
Tiket pesawat ke/dari Melak
Pengeluaran pribadi
Asuransi perjalanan
Suku Dayak kenyah kalimantan
Suku dayak kenyah
Suku dayak kenyah

Tour Reviews

4.00 based on 1 review
June 16, 2016

Nice trip, good arrangment..
Good job pesonaindo

Leave a Review

Rating