3D2N
Duration
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Location
25 – 27 November 2016
Dates

Festival Budaya Pasar Terapung Banjarmasin

Festival Pasar Terapung Banjarmasin merupakan sebuah pasar tradisional yang letaknya di atas sungai Barito dan buka antara pukul 06.30 sampai pukul 08.00 WIT. Para pedagang dan pembeli yang ada disini kesemuanya menggunakan sarana transportasi jukung ( perahu ) untuk menjajakan dan mencari barang dagangannya. Biasanya para wisatawan yang datang ke Kota Banjarmasin pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi pasar terapung ini karena pasar ini merupakan pasar unik yang hanya ada satu di Indonesia yaitu di Kota Banjarmasin.

Dalam rangka terus menggalakan Festival Pasar Terapung Banjarmasin khas suku Banjar di Kalimantan Selatan, tahun ini kembali digelar Festival Pesona Banjar yang melibatkan ribuan sampan (jukung) tradisional yang isinya aneka dagangan lokal. Lokasinya diatas Sungai Martapura, di sebuah desa kecil yang berjarak sekitar 1 jam dari Banjarmasin. Seluruh warga lokal Banjar akan turun ke sungai untuk meramaikan festival tahunan ini. Tak hanya itu, kami juga ajak Anda untuk menyaksikan langsung peternakan Kerbau Rawa ( kerbau yang bisa berenang ) di Negara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Berjarak sekitar 5 jam perjalanan darat dari Kota Banjarmasin. Yuk, nikmati petualangan sambil mengabadikan fotonya di dua destinasi unik dari Kalimantan Selatan.

Baca juga wisata banjarmasin selama 4 hari

Festival Pasar Terapung Banjarmasin akan menampilkan lomba jukung hias, kampung banjar, kemudian ada lomba perahu naga, lomba baloko sebuah permainan tradisional rakyat banjar, kesenian senoman hadrah, pawai budaya, bazar kuliner dan kemeriahan tari-tarian serta musik tradisi Banjar.

Adapula pawai perahu naga (perahu hias) dan pasar terapung di Sungai Martapura. Di atas perahu motor (klotok) yang didesain berbentuk naga, ditampilkan pagelaran budaya seperti musik panting, gamelan banjar, sinoman hadrah, mauluthabsy, barongsai, japin hingga banjar karawitan. Adapula, lomba jukung, pawaibudaya, pameran dan festival kampung Banjar.

Festival Pasar Terapung Banjarmasin juga menyediakan kuliner khas Banjar dalam stand Kampung Banjar juga menyajikan berbagai makanan dan kue khas banjar dan beberapa diantaranya sudah langka. Ada Soto Banjar, Ketupat Kandangan, aneka Ikan Panggang (pais), Nasi Kuning dan Lontong, dan puluhan jenis kue (wadai) khas Banjar.

1

Hari 1 (D)

Peserta tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin  (penerbangan malam). Sebelum ke hotel, peserta akan diajak makan malam ( kulineran ) Lontong Orari. Check in dan istirahat di hotel Banjarmasin.
2

Hari 2 (B,L,D)

Jam 4 pagi peserta harus bangun dan segera bersiap menuju menuju Lok Baintan dimana festival pasar terapung Banjarmasin berada, menggunakan mobil. Hunting sunrise, suasana jukung (sampan) saat berkumpul hingga puncak acara ketika seluruh jukung berada dilokasi yang sama. Jam 10 pagi, peserta diajak ke Soto Bang Amat dengan menggunakan klotok khas Banjar. Check out hotel dan langsung menuju Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Makan malam dan menginap di Kandangan.
3

Hari 3 (B,L)

Jam 4.30 pagi peserta bangun dan jam 5 pagi sama-sama berangkat menuju desa Negara dimana peternakan Kerbau Rawa berada. Sarapan nasi kuning diatas klotok sambil menuju Kerbau Rawa. Hunting foto bersama di sekitar peternakan Kerbau Rawa di danau rawa khas Kalimantan Selatan. Siangnya makan di kota Kandangan dan istirahat di hotel. Kembali ke Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin
MINIMUM DEPARTURE6 Person
DEPARTURE TIMEBandara Banjarmasin (BJM) 20.00 GMT+8
RETURN TIMEBandara Banjarmasin (BJM) 20.00 GMT+8
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Hotel bintang 3 di Banjarmasin
Hotel AC 1 malam di Negara
Makan selama tour
Sewa Klotok selama tour
Transportasi darat
Guide lokal
NOT INCLUDED
Tiket pesawat
Pengeluaran pribadi
Asuransi perjalanan
Tips guide
tour-festival-pasar-terapung-banjarmasin
festival-pasar-terapung-lok-baintan-banjarmasin
Selling on River

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating