4D3N
Duration
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Location
Please check schedule
Dates

Paket wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Paket Wisata Pasar Terapung Banjarmasin

Pasar terapung Banjarmasin merupakan tempat dimana Anda akan menyaksikan atau beraktivitas langsung di pasar sungai menggunakan perahu. Pasar terapung ini berlokasi di Banjarmasin tepatnya di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito. Pasar terapung di Banjarmasin merupakan refleksi budaya orang Banjar yang telah berlangsung sejak dahulu.

Di Kalimantan Selatan ada ratusan sungai menjadi jalur transportasi penting hingga sekarang. Tempat wisata pun bertumpu pada sungai, seperti pasar terapung Muara Kuin di Kota Banjarmasin ini. Saat Matahari terbit kunjungilah pasar ini yang memantulkan cahaya pagi hari di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya.

Pasar Terapung Muara Kuin adalah pasar terapung tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah salat Subuh sampai selepas pukul 9 pagi. Keistimewaan di pasar ini adalah masih seringnya terjadi transaksi barter antar para pedagang berperahu yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk. Para pedagang wanita (dukuh) yang berperahu menjual hasil produksinya sendiri, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan.

Banjarmasin sebagai ibu kota propinsi adalah pusat perdagangan dan pariwisata. Kota Banjarmasin mendapat julukan Kota Air karena letak daratannya beberapa senti meter di bawah permukaan air laut. Kota Banjarmasin, memiliki luas sekitar 72 km per segi atau sekitar 0,22 persen luas wilayah Kalimantan Selatan. Kota ini dibelah oleh sungai Martapura memberikan ciri khas tersendiri terhadap kehidupan masyarakatnya terutama pemanfaatan sungai sebagai sarana transportasi air, perdagangan dan pariwisata. Selain pasar terapung di Muara Kuin Banjarmasin, pasar terapung lainnya yang dapat Anda temui adalah di Lok Baintan yang berada di atas Sungai Martapura.

Pada tahun 1526 Sultan Suriansyah mendirikan kerajaan di tepi sungai Kuin dan Barito yang kemudian menjadi cikal bakal kota Banjarmasin. Di tepian sungai inilah awalnya berlangsung pusat perdagangan tradisional berkembang. Pedagangnya menggunakan perahu kecil yang terbuat dari kayu. Para pedagang ini kebanyakan adalah perempuan yang mengenakan pakaian tanggui dan caping lebar khas Banjar yang terbuat dari daun rumbia

 

1

Hari 1 (L,D)

Penjemputan di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin ( siang ). Peserta diajak makan siang dan kemudian ke Pendulangan Intan, Martapura. Malam nya check in hotel dan makan malam (kulineran Lontong Orari)
2

Hari 2 (B,L,D)

Bangun pagi jam 4 Wita untuk menuju Pasar Terapung Lok Baintan dengan klotok sungai. Hunting foto pasar terapung dan desa Lok Baintan. Sarapan di Soto Bang Amat. Kembali ke hotel dan check out. Perjalanan menuju Kerbau Rawa di Negara, dan makan siang di perjalanan. Hunting foto Kerbau Rawa (kerbau yang bisa berenang) dan gembala nya. Jika cerah, sekalian sunset an. Makan malam di perjalanan sambil menuju Loksado (kampung Dayak Meratus). Check in penginapan.
3

Hari 3 (B,L,D)

Bangun pagi jam 5, pendakian Bukit Langara. Sunrise dan landscape photo. Selanjutnya foto hunting di kampung suku Dayak Meratus dan foto hunting bamboo rafting Loksado. Makan siang di sekitar Loksado. Sore nya kembali ke Banjarmasin. Makan malam di perjalanan. Check in hotel.
4

Hari 4 (B,L,D)

Bangun pagi jam 4, perjalanan sungai menuju Pasar Terapung Kuin, Banjarmasin. Hunting foto pasar terapung dan kehidupan sungai. Sarapan soto Banjar di warung terapung. Kembali ke hotel check dan makan siang masakan Khas Banjar. Pengantaran ke Bandara Syamsudin Noor
MINIMUM DEPARTURE8 Person
DEPARTURE TIMEBandara Banjarmasin (BJM) 11.00 GMT+8
RETURN TIMEBandara Banjarmasin (BJM) 13.00 GMT+8
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Hotel AC 2 malam di Banjarmasin
Hotel AC 1 malam di Loksado
Makan selama tour
Sewa Klotok selama tour
Transportasi darat
Guide lokal
Talent 1 orang di Kerbau Rawa
Talent 1 orang di Lok Baintan
Talent 1 orang bamboo rafting & pendulangan intan
NOT INCLUDED
Tiket pesawat
Pengeluaran pribadi
Asuransi perjalanan
Tips guide
Pasar Terapung Banjarmasin
Tour Banjarmasin Pasar Terapung

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating