Tempat Wisata Pulau Sabu NTT
Pulau Sabu Kelabba Maja

Tempat Wisata Pulau Sabu yang Indah dan Menarik

Tempat wisata Pulau Sabu Mungkin banyak masyarakat yang belum pernah mendengar nama pulau Sabu dan pulau Raijua. Kedua pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki spot wisata yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Kedua pulau ini merupakan salah satu gugusan pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jika anda berkunjung ke tempat wisata Pulau Sabu, akan banyak peninggalan sejarah yang dapat anda temukan di pulau ini serta budayanya yang sangat eksotis patut untuk anda jelajahi. Budaya yang masih terjaga, peninggalan sejarah yang lengkap, serta pasir putih yang bersih dengan air yang jernih dan ombak yang menantang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata pulau sabu ini.

Sebelum kita bahas mengenai keindahan tempat wisata Pulau Sabu yang indah dan keren, anda harus tahu terlebih dahulu dimana letak pulau cantik yang ada di Indonesia ini. Yuk simak penjelasan singkatnya.

Tour Festival Pasola Sumba klik disini

Dimana Letak Pulau Sabu?

Pulau sabu adalah pulau yang berada di Propinsi Nusa Tenggara Timur khususnya di Kabupaten Sabu Raijua. Pulau sabu ini terbentuk dari pemekaran Kabupaten Kupang yang terdiri dari beberapa kecamatan yakni Raijua, Sabu Timur, Sabu Tengah, Sabu Barat, Hawu Liae, dan Hawu Mehara.

Masyarakat yang bertempat tinggal di Pulau Sabu memiliki sikap yang ramah-ramah, bahkan dapat dikatakan orang-orang yang paling ramah berada di NTT. Asalkan anda datang dengan sikap sopan dan ramah, anda akan diperlakukan baik dan spesial oleh warga yang berada di Pulau Sabu tersebut. Keramahan masyarakat di Pulau Sabu dapat dicerminkan dari tradisinya yang suka tolong menolong dan sangat ringan tangan sekali saat anda memerlukan bantuan dari warga sekitar.

Pulau sabu juga memiliki hasil laut yang melimpah, anda dapat mendapatkan ikan dengan harga yang murah di Pulau Sabu ini.

Tempat wisata pulau sabu

Beberapa Objek Wisata Pulau Sabu yang Wajib Dikunjungi

  1. Bukit Ledeana

Pulau sabu memiliki banyak bukit-bukit yang berjejer di hampir seluruh daratan pulau. Bukit ini sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat untuk menikmati panorama yang tak boleh kamu lewatkan. Beberapa bukit yang kami rekomendasikan adalah bukit ledeana, deleperihi dan bukit ledeanda. Namun, yang sangat kami rekomendasikan dari ketiga bukit tersebut adalah bukit ledeana.

Bukit ledeana merupakan salah satu bukit yang sangat bagus untuk dijadikan spot foto yang menarik apalagi pada saat musim penghujan. Akses jalan menuju bukit ini juga tidak begitu sulit karena bukitnya yang tidak terlalu tinggi. Anda dapat langsung mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan untuk menuju puncaknya.

Beberapa Objek Wisata Pulau Sabu yang Wajib Dikunjungi Bukit Ledeana

  1. Kelabba Maja

Kelabba maja merupakan salah satu tempat wisata  pulau sabu yang indah yang berada di kecamatan Sabu Liae, Kabupaten sabu Raijua provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Kelebba maja anda dapat menikmati ukuran alam yang indah berupa bebatuan dengan lukisan erosi dengan warna merah marunnya yang cantik.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata pulau sabu yang unik yang dapat anda jumpai di Pulau Sabu. Sebelum Pulau sabu raijua ini menjadi sebuah kabupaten di pulau Sabu, tempat ini belum begitu dilirik oleh penduduk/pemrintah setempat. Pada saat ini, kelebba maja menjadi salah satu tempat wisata Pulau sabu ini dapat menarik perhatian  para wisatawan baik di luar daerah maupun yang wisatawan asing seperti dari Australia, Jerman, dan yang lainnya. tempat ini sangat cocok bagi anda pecinta alam.

Beberapa Objek Wisata Pulau Sabu yang Wajib Dikunjungi Kelebba Majja

  1. Gua Lie Madira

Lie artinya adalah bongkahan batu karang yang memiliki perut serta mulut hingga perutnya. Tempat wisata pulau sabu ini berada di 10 km dari kota Seba. Gua Lie madirra memiliki interior yang sangat cantik dengan kolam yang memiliki air yang jernih dan sejuk sehingga memberi kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Yang menarik adalah konon gua katanya digunakan oleh bangsa Belanda yang masa perang dunia kedua sebagai persembunyian atau markas dari musuhnya. Di tempat wisata ini telah disediakan fasilitas berupa lopo untuk bersantai bagi para pengunjung. Anda dapat melihat pemandangan laut lepas di dalam gua ini jika ditelusuri sampai ujungnya.

  1. Pantai Napae

Pantai yang berada di Kecamatan Sabu Barat ini memiliki pasir pantai yang putih dan bersih. Anda dapat menunggu sunset dengan bersantai di Gazebo yang disediakan bersama dengan keluarga dan pasangan anda. Pantai ini juga sangat dekat pelabuhan laut Seba dan bandara terdamu. Letak tempat wisata pulau Sabu Yang beada di bagian barat ini sangat mudah sekali untuk dijangkau. Pasir yang putih sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pantai Napae

  1. Benteng Ege dan Batu Gong

Benteng ege merupakan suatu tempat peratahanan yang disusun dari batu karang yag berlapis-lapis. Disebut dengan batu gong karena batu karang yang disusun ini mengeluarkan suara gong ketika dipukul dan uniknya lagi batu ini mengeluarkan suara gong dari berabagai macam ukuran.

Budaya dan Sejarah Objek Wisata Pulau Sabu

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, pulau sabu juga memiliki objek wisata budaya dan sejarah. Berikut ini beberapa objek wisata pulau sabu yang kaya akan budaya dan sejarahnya:

  1. Istana Teni Hawu

Istana ini terletak di Kota Seba dan dibangun pada masa kolonial Belanda. Hingga saat ini, istana tersebut berdiri kokoh dan terawat dengan sangat baik. Pada zaman dahulu, istana ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Seba yang dipimpin oleh Raja Samuel Djawa. Konon katanya di dalam istana ini terdapat seekor ular merah yang menjadi penunggu tempat ini dan akan turun kebawah ketika meminta makan. Tempat ini bersampingan dengan SDN 1 Sabu Barat dan Koramil, di istana ini juga masih terdapat peninggalan leluhur berupa meriam yang digunakan pada saat perang.

  1. Kampung Adat Kudji Ratu

Kampung adat yang terletak disebalah timur wilaya Sabu ini kaya akan budaya sejarahnya. Jika anda ingin mengunjungi objek wisata pulau sabu yang kaya akan budaya dan sejarahnya ini,  sebaiknya anda didampingi oleh warga atau orang yang sudah paham dan mengerti bahasa dan seluk beluk kampung adat Kudji Ratu.

Untuk menacapai objek wisata pulau sabu ini, anda dapat menyewa motor dengan harga Rp. 200 ribu per harinya karena jaraknya yang cukup jauh yakni sekitar 15 km dari pusat kota.

  1. Kampung Namata

Kampung namata juga merupakan objek wisata budaya yang ada  di pulau sabu. Anda akan melihat berbagai macam kegiatan dan aktivitas warga jika anda berkunjung ke kampung ini. Kampung ini dapat anda akses dengan bersepeda motor dengan jarak sekitar 30 menit dari kota Seba, jalannya juga tidak terlalu sulit untuk dilewati.

  1. Taji Ayam

Taji ayam adalah sebuah event adat hole yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat di pulauSabu Raijua. Taji ayam ini bukanlah sekedar judi, namun dijadikan sebagai simbol dan kegiatan adat bagi warga Sabu.

Kegiatan Taji Ayam ini memiliki filosofi yakni darah yang ditumpahkan dalam ajang perlombaan taji ayam ini melambangkan tidak boleh ada lagi darah manusia yang ditumpahkan di tanah sabu ini dengan konflik apapun. Anda dapat menghadiri kegiatan ini setiap tahun yang diadakan di Pulau Sabu Barat dan Sabu Timur.

Itulah beberapa objek wisata pulau sabu yang dapat anda kunjungi untuk berlibur dengan keluarga atau rekan kerja anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

About Author

client-photo-1
Pesona Indonesia

Comments

Dwi sulistyorini
April 21, 2018
Sekiranya, apa ada pemandu lokal utk wisata di pulau sabu?

Tinggalkan Balasan