3D2N
Duration
6/10
Physicality
Dieng, Jawa Tengah
Location
12+
Age
05 Aug 2016 – 07 Aug 2016
Dates

Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 5

Photo Tour Dieng Culture Festival 2016

Anak punya rambut gembel yakni anak bajang titisan Eyang Agung Kaladate & Nini Ronce selaku leluhur penduduk suku Dieng. Lantaran dianggap titisan dewa itulah, sehingga anak punya rambut gembel tak boleh dipotong rambutnya dengan cara sembrono (asal). Kalau rambut anak gembel dipotong tak lewat program ritual yg khusus, sehingga si anak dapat jatuh sakit & diakui dapat mendatangkan bencana bagi keluarganya

Panitia penyelenggara Dieng Culture Festival tahun 2016 berencana menyuguhkan hal yang baru dalam event budaya tahunan itu. Tujuanya agar para wisatawan dapat terlibat dan menyaksikan hal yang berbeda dari tahun penyelenggaraan Dieng Culture Festival tahun-tahun sebelumnya. Ragam acara Dieng Culture Festival 2016 Dieng Culture Festival 2016 akan dimulai pada tangga 5 Agustus 2016, acara pembukaan festival ini dilaksanakan pada pukul 14.00 di panggung utama, sebelah timur kompleks candi Arjuna. Rencananya setelah pembukaan berlangsung, dipanggung utama akan ada perfom musik Kyai Kanjeng beserta Cak Nun* dari Yogyakarta (*masih dalam konfirmasi). Pertunjukan pembuka festival tersebut akan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Bagi pengunjung yang berminat menikmati sunset, bisa naik ke bukit skuter/scooter yang dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 15 menit dari desa Dieng Kulon, dengan membayar biaya kontribusi bagi pengelola lokasi wisata sebesar lima ribu rupiah. Dari bukit ini juga bisa melihat landscape pemukiman di dataran tinggi Dieng.

Setelah melihat sunset, pengunjung segera bersiap untuk menikmati pertunjukan Jazzatasawan yang akan digelar di panggung utama, timur kompleks candi arjuna. Pertunjukan akan dimulai pukul 20.00 WIB tepat, sangat disarankan pengunjung yang telah memiliki ID Card (tiket khusus DCF 2016) untuk hadir di venue pertunjukan jazz pada pukul 19.30 WIB. Pertunjukan musik ditengah suhu 2-5 derajat celcius ini digelar pada tanggal 5 Agustus 2015 (start pukul 20.00 WIB) dengan menampilkan sejumlah musisi jazz dari berbagai pelosok di tanah air. Para penampil pertunjukan Jazzatasawan akan dirilis bulan Juli 2016. Keesokan harinya tanggal 6 agustus 2016, pengunjung bisa menikmati sunrise diberbagai puncak gunung di dataran tinggi Dieng. Bisa dari puncak Sikunir, puncak Prau, puncak Pakuwaja, dan atau puncak Pangonan. Disarankan, pengunjung start dari penginapan masing-masing pukul 02.00-04.00, agar tidak terjebak macet saat mendaki dan dapat menikmati sunrise dengan leluasa, tergantung puncak yang hendak dituju.

Setelah puas melihat golden sunrise di pebagai puncak gunung, pada pukul 07.00 s/d selesai, pengunjung dapat mengikuti acara “Jalan Kaki Keliling Kampung” di dataran tinggi Dieng, diakhiri dengan penerbangan ribuan balon gas dan minum purwaceng bersama-sama. Panitia akan menyediakan sejumlah doorprize buat peserta jalan kaki keliling kampung. Start dan finish dari kompleks gedung Soeharto-Withlam, Dieng. Pada tanggal 6 Agustus 2016, sepanjang hari ada ragam pertunjukan seni tradisi yang tersebar diberbagai lokasi, baik dipanggung utama maupun panggung khusus budaya. Ragam pertunjukan seni tradisi itu bukan hanya dari dataran tinggi Dieng, tetapi juga dari berbagai daerah lain yang ikut berpartisipasi dalam Dieng Culture Festival tahun 2016. Ditengah menyaksikan pertunjukan seni tradisi tersebut, pengunjung dapat menikmati wisata alam di Dieng, seperti telaga warna, kawah sikidang, maupun lokasi wisata alam lainnya.

 

Additional information

TOUR TYPEADVENTURE, CULTURE, FESTIVAL, PHOTOGRAPHY
  • 4 Agustus 2016 – Start jakarta berangkat sore hari
    Meeting point di Plaza Semanggi
    Berangkat menuju DiengMeals : –
  • 5 Agustus 2016 – Start jogja berangkat pagi hari
    tiba di Dieng siang hari
    Pembukaan Dieng Culture Festival
    Maiyahan oleh Cak Nun
    Pertunjukan Jazz atas Awan di malam hariMeals: L,D
  • 6 agustus 2016
    Expedisi Pangonan, Sunrise Trekking pukul 04.00
    Jalan jalan keliling desa
    Purwaceng party
    Parade Seni dan budaya
    Fireworks dan skylanterns di malam hariMeals: B,L,D
  • 7 agustus 2016
    pagi hari Kirab Budaya, iring-iringan pengantar anak bajang
    Jamasan, Para anak gembel dijamas
    Ruwat dan Cukut, puncak acara anak gembel dicukur
    Larungan, Pelarungan gembel di telaga warna
    selesai dan kembali ke kota masing-masing
  • Meals: B,L

Harga
Rp 1.550.000 / orang – Start Jakarta
Rp 1.450.000 / orang – Start Jogja

  • Include
    Transportasi elf selama tour
    Penginapan selama 2 malam (1 kamar 2/3 orang)
    Tiket DCF 2016 (ID Pass Acara Ritual Cukur Rambut Gembel, Free Tiket masuk kompleks candi arjuna selama DCF, Free 1 kali masuk objek wisata Kawah Sikidang, Free 1 kali masuk objek wisata Telaga Warna, Kain batik untuk upacara ritual, T-shirt (all size), GID (Glow In the Dark) Stick, Lampion, Kembang Api)
    Makan sesuai program
    Air mineral
    Guide
  • Exclude
    Pengeluaran pribadi
    tips guide/supir
    Semua yang tidak disebutkan diatas
MINIMUM DEPARTURE
DEPARTURE TIME
RETURN TIME
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Transportasi elf selama tour
Penginapan selama 2 malam (1 kamar 2/3 orang)
Tiket DCF 2016
ID Pass Acara Ritual Cukur Rambut Gembel
Free Tiket masuk kompleks candi arjuna selama DCF
Free 1 kali masuk objek wisata Kawah Sikidang
Kain batik untuk upacara ritual
T-shirt (all size)
GID (Glow In the Dark) Stick
Lampion, Kembang Api
Makan sesuai program
Air Mineral
Guide
NOT INCLUDED
Pengeluaran pribadi
Tips guide/supir
Semua yang tidak disebutkan diatas

 

Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 5
Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 1
Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 2
Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 3
Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 4
Paket Wisata Dieng Culture Festival Pesona Indonesia - fototrip 5

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating