8D7N
Duration
6/10
Physicality
Sulawesi Selatan
Location
12+
Age
Please check schedule
Dates

Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 1

Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan

Tanjung Bira

Kabupaten Bulukumba terletak di ujung paling selatan Semenanjung Sulawesi Selatan, atau sekitar 153 km dari selatan kota Makassar. Bulukumba dianugrahi alam yang indah dan menyimpan keajaiban menawan tersembunyi di pantai dan bawah lautnya. Bahkan berinteraksi dengan wajah-wajah baru masyarakat setempat yang berbudaya maritim adalah hal yang akan sangat berkesan bagi Anda nantinya.

Takabonerate

Taman Nasional Taka Bonerate adalah kawasan terumbu karang (atol) terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi. Berada di kawasan Coral Triangle Intiative (CTI), kawasan ini merupakan habitat bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Tak berlebihan apabila kekayaan laut di kawasan yang terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan ini menjadikannya tujuan wisata alam dan bahari yang sangat menarik.

Air laut yang jernih menawarkan pemandangan berbagai terumbu karang baik di dasar laut, slope, juga di wall yang berdiri megah di dasar lautan. Keindahannya mengundang para penyelam pemula atau penyelam profesional untuk melihat langsung keindahan bawah laut yang ditawarkan. Ada sekira 242 spesies karang, 526 spesies ikan karang berwarna-warni dan 112 spesies alga makro menghuni kawasan ini.

Toraja

Terlindung aman di luar gunung tinggi dan tebing batu granit, inilah tempat dimana masyarakat Toraja tinggal, di sebuah lembah subur dengan terasering sawah menghijau dan perkebunan kopi yang subur. Inilah salah satu tempat terindah di Indonesia yang menyimpan daya magis dalam kultur extravaganza Tana Toraja serta bebatuan megalitik Lore Lindu.

Pesonanya terkuak ketika tengkorak-tengkorak manusia menunjukan kemisteriusannya kepada Anda juga puluhan kerbau dan babi yang pasrah disembelih untuk upacara kematian demi sebuah ritus ‘Orang Mati yang Hidup’ .

Di sinilah Anda dapat melihat situs makam pahat di Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, dan perkampungan Kete Kesu unik. Semuanya terpeliharanya dalam bingkai adat budaya karena masyarakatnya sangat menghormati leluhur dengan tetap menjaga eksistensi pekuburannya.

Toraja terkenal dengan upacara kematian yang dapat berlangsung selama berhari-hari melibatkan seluruh penduduk desa. Tidak hanya pada saat berkabung tetapi juga untuk acara hiburan dan persaudaraan komunitas yang ada.

Rammang-Rammang

Rimbunnya pohon pandan di sepanjang sungai dan sesekali terlihat karst yang menyembul sungguh suatu keindahan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pun sesekali kita berpapasan dengan penduduk yang hendak beraktivitas. Karena, perahu memang menjadi moda transportasi utama bagi penduduk Ramang-Ramang.

Sebelum mencapai Dusun Rammang-Rammang, kita akan melewati semacam terowongan karst. Ada sensasi yang berbeda ketika perahu yang kita tumpangi melewati terowongan tersebut. Ukiran alami dari sebuah karst layak untuk diabadikan dengan mata maupun kamera. Tak berapa lama dari terowongan ini perahu akan segera menepi dan sampailah kita di Dusun Rammang-Rammang.

Keindahan yang dibalut dalam sebuah kesederhanaan terpampang nyata di depan mata. Beberapa rumah panggung berdiri dengan anggunnya dan di kelilingi hamparan sawah menghijau. Di kejauhan deretan karst berdiri dengan gagah mengelilingi Dusun Rammang-Rammang seolah-olah hendak melindungi dusun dan penguhuninya dari segala marabahaya.

Sumber: www.indonesia.travel | www.travel.detik.com & foto by Google

Additional information

TOUR TYPEADVENTURE, CULTURE, PHOTOGRAPHY
  • Hari 1 : MAKASSAR – TANJUNG BIRA (D)
    Peserta berkumpul di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 15.00 (ambil penerbangan yang tiba sebelum pukul 15.00). Kemudian melakukan perjalanan dengan mobil menuju Tanjung Bira selama + 5 jam. Bermalam di salah satu hotel Tanjung Bira.
  • Hari 2 : TANJUNG BIRA – SELAYAR (B, L, D)
    Pukul 09.00 menyeberang menuju Pulau Selayar. Sekitar pukul 12.00 tiba di Selayar, kemudian makan siang terlebih dahulu. Setelah itu kita akan menjelajah Pulau Pasi Gusung (bermain di pantai, snorkeling). Malam harinya menginap di salah satu hotel Selayar.
  • Hari 3 : SELAYAR – TAKA BONERATE (B, L, D)
    Di pagi hari melakukan perjalanan dengan kapal selama + 4 jam menuju kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, tepatnya ke Pulau Tinabo dimana kita akan menginap. Setelah makan siang, bisa dilanjutkan snorkeling dan berkeliling sekitar pulau.
  • Hari 4 : TAKA BONERATE (B, L, D)
    Hari ini menuju beberapa pulau serta spot diving dan snorkeling, seperti Pulau Tarupa, Pulau Tinanja, dan Pulau Rajuni. Sore hari kembali ke Pulau Tinabo.Hari 5 : TAKA BONERATE – SELAYAR (B, L, D)
    Di pagi hari akan mengunjungi Pulau Tinabo Kecil dan Bungin Tinabo. Setelah makan siang, kembali ke Selayar. Sekitar pukul 19.00 tiba di Selayar, makan malam, kemudian menuju hotel untuk beristirahat.
  • Hari 6 : SELAYAR – TANJUNG BIRA – TORAJA (B, L, D)
    Pagi hari kembali menyeberang menuju Tanjung Bira, kemudian melakukan perjalanan darat dengan mobil menuju Toraja. Tiba di Toraja sekitar pukul 19.00. Check-in hotel dan beristirahat.
  • Hari 7 : TORAJA (B, L, D)
    Setelah makan pagi di hotel, kita akan mengunjungi objek-objek wisata di Toraja, seperti Lemo, Londa, Kete Kesu, dll. Sore hari kembali ke hotel.
  • Hari 8 : TORAJA – RAMMANG-RAMMANG – MAKASSAR (B, L)
    Setelah makan pagi di hotel, kita kembali melakukan perjalanan dengan mobil menuju Rammang-Rammang yang merupakan gugusan karst terbesar ketiga di dunia. Kita akan menyusuri sungai dengan perahu untuk menjelajah kompleks karst ini. Setelah itu, kita kembali melakukan perjalanan menuju Makassar. Tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 18.00, dan trip berakhir (ambil penerbangan pukul 20.00).

Harga
Rp 5.000.000,- / orang
Minimal 10 orang

  • Include :
    Mobil AC + driver + BBM
    Tiket masuk objek wisata
    Tiket ferry Tanjung Bira – Selayar PP
    Perahu tour Rammang – Rammang
    Kapal tour Selayar
    Kapal tour TN Taka Bonerate
    1N Hotel Tanjung Bira (AC, 1 kamar 2 orang)
    2N Hotel Selayar (AC, 1 kamar 2 orang)
    2N Bungalow Pulau Tinabo (non-AC, 1 kamar 2-3 orang)
    2N Hotel Toraja (non-AC, 1 kamar 2 orang)
    Makan 21x
    Guide lokal
    Tour leader
  • Exclude :
    Tiket pesawat
    Peralatan snorkeling/diving
MINIMUM DEPARTURE
DEPARTURE TIME
RETURN TIME
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Mobil AC + driver + BBM
Tiket masuk objek wisata
Tiket ferry Tanjung Bira – Selayar PP
Perahu tour Rammang – Rammang
Kapal tour Selayar
Kapal tour TN Taka Bonerate
1N Hotel Tanjung Bira (AC, 1 kamar 2 orang)
2N Hotel Selayar (AC, 1 kamar 2 orang)
2N Bungalow Pulau Tinabo (non-AC, 1 kamar 2-3 orang)
2N Hotel Toraja (non-AC, 1 kamar 2 orang)
Makan 21x
Guide lokal
Tour leader
NOT INCLUDED
Tiket pesawat
Peralatan snorkeling/diving
Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 1
Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 5
Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 4
Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 3
Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 2
Paket Wisata Explore Sulawesi Selatan Pesona Indonesia-Foto Trip 1

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating