5D4N
Duration
Lembata, Nusa Tenggara Timur
Location
12-16 Agustus 2016
Dates

tour lembata

Festival Nuhanera Lembata

Festival Nuhanera Lembata merupakan acara tahunan Pemerintah Daerah Lembata yang termasuk rangkaian rally wisata bahari. Adapun rangkaian tersebut adalah Atadei-Lamalera Explore & Expedisi Batubara, Festival Nuhanera Lembata, Festival Adventure, serta Festival Lamaholot.

Lembata memiliki obyek-obyek wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan seperti Bukit Doa yang menghadap ke Selat Adonara. Selain itu, ada pula atraksi yang sudah turun temurun dilakukan yaitu berburu ikan paus.

Ada beragam acara yang akan mengisi Festival Bahari Nuhanera seperti bakti sosial bersama masyarakat di pantai (lokasi 14 desa di Teluk Waienga), membersihkan pantai dan laut, dayung perahu tradisional, renang teluk, fun fishing, parade perahu dan motor laut, pentas seni tradisional, dan lomba photo under water.

Festival Nuhanera Lembata merupakan sebuah tanjung yang indah di Kawasan Teluk Waienga. Kawasan tersebut memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah dari Bunaken dan dipersiapkan menjadi ikon wisata masa depan Lembata.

Teluk Waienga memiliki panjang garis pantai 91 km dan lebar masuk teluknya sekitar 1 km. Wilayah tersebut terbagi ke dalam 14 desa dari 3 kecamatan di pesisir teluk.

Oleh masyarakat lokal, Nuhanera dipercayai sebagai tempat tinggal leluhur atau orang yang sudah meninggal. Beberapa kearifan lokal di desa-desa pesisir Teluk Waienga seperti menjaga laut dan larangan penangkapan ikan pada musim tertentu sehingga mendukung perlindungan kawasan ini dan sebagai tempat bertelur dan beranak pianak ikan/biota laut.

Hingga saat ini Teluk Waienga dikunjungi wisatawan penyelam dengan kapal pinisi (live on boat). Wisatawan juga banyak yang menyempatkan menyambangi kampung adat Lewohala serta trekkingke Gunung Ilelewotolok.

1

Hari 1, 12 Agustus 2016: Kupang - Lewoleba - Lamalera (L,D)

Tiba di Kupang maksimal pukul 10.00
Kemudian berangkat menuju Lewoleba pukul 12.10
Tiba di Lewoleba siang hari, bersiap ke Lamalera (4-5 Jam perjalanan) eksplor Lamalera – Desa para pemburu paus, dan atraksi perburuan paus oleh nelayan Lamalera. Setelah menyaksikan atraksi, eksplor Lamalera. Menginap di homestay di desa Lamalera

2

Hari 2, 13 Agustus 2016: Lamalera - Wolor Pass - Lewoleba (B,L,D)

Check out dari desa Lamalera jam 10 pagi, bersiap ke desa Boto.
Peserta akan dibagi menjadi 2 grup:
1.Berminat untuk trekking ke air terjun (jalur trek bisa dibilang masih alami, trekking memakan waktu +/- 45 menit untuk menuju air terjun)
2.Peserta yang akan santai-santai di desa Boto sambil menikmati kopi, karena desa Boto adalah desa penghasil kopi. Dan peserta bisa juga mengunjungi pemandian air panas alami yang ada di dekat desa ini
Makan siang di desa Boto, kemudian bersiap kembali ke Lewoleba. Dalam perjalanan menuju Lewoleba, singgah di Wolor Pass (bukit cinta), kemudian gala dinner di Kuma Resort.
Menginap di Palm hotel (hotel bintang 3 di Lewoleba)

3

Hari 3, 14 Agustus 2016: Lewoleba - Batutara - Lamawolo (B,L,D)

BBangun subuh (+/- jam 3 pagi), menuju jetty Lewoleba untuk melihat Gunung Api Batutara (Gunung api vulkanis aktif yang erupsi setiap +/- 20 menit sekali). Peserta dapat merasakan sensasi letupan dari dekat. Selesai menyaksikan Batutara, kembali ke Lewoleba.
Siang hari, bersiap-siap menuju desa Lamawolo, snorkeling di spot-spot sekitar desa Lamawolo. Malam hari menginap di desa Lamawolo.

4

Hari 4, 15 Agustus 2016: Festival Bahari Nuhanera (B,L,D)

Peserta mengikuti rangkaian acara Festival Bahari Nuhanera 2016.
Malam hari, gala dinner di Jetty Lewoleba. Menginap di Palm hotel (hotel bintang 3 di Lewoleba)

5

Hari 5, 16 Agustus 2016: Lewoleba - Kupang (B)

Check out hotel, berangkat menuju Kupang pukul 13.00
Tiba di Kupang dan tour selesai
MINIMUM DEPARTURE 5 Person
DEPARTURE TIME Bandara Kupang (KOE) 10.00 GMT+8
RETURN TIME Bandara Kupang (KOE) pukul 14.00 GMT+8
THINGS TO BRINGTopi, sepatu, sandal, kacamata, sunblock, obat-obatan pribadi, kamera dan perlengkapannya, power bank, kaos, Tas (Bodypack/daypack/backpack)
INCLUDED
Hotel Palm Beach  malam & Homestay
Tiket pesawat Kupang-Lembata-Kupang
Atrasi penangkapan paus Lamalera senilai Rp 2.500.000
Speedboat ke Batutara (PP)
Makan selama tour
Biaya retribusi
Guide lokal
NOT INCLUDED
Tiket pesawat ke/dari Kupang
Pengeluaran pribadi
Asuransi perjalanan
Alat snorkling

 

tour lembata
tour lembata
Tour lembata murah

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating